Thursday, December 23, 2010

Untitled Teacher 1

Hobi baru yang sangat menyenangkan sebetulnya membaca tulisan-tulisan orang-orang entah itu di facebook, twitter maupun di blog. Buat saya yang selalu senang berimaji, membaca tulisan-tulisan itu serasa memiliki time out buat kehidupan saya sendiri. Itu sebabnya rasanya sedih sekali setiap kali harus berada di akhir tulisan teman maupun orang-orang yang menjadi objek bacaan saya.

Seperti hari ini, saya sebuk membaca tulisan Bepe alias Bambang Pamungkas dari  situs pribadinya di http://bambangpamungkas20.com/home.php. Nikmat rasanya mengenal setiap tokoh yang satu ini lewat tulisannya. Bagaimana perasaan Bepe saat ribuan harapan berada di pundaknya saat ia harus melakukan tendangan penalti saat melawan Thailand misalnya. Tentu banyak saya yakin, cercaan datang padanya seandainya ia tak mampu menyelesaikan tugas berat itu. Lalu apa yang jadi perhatiannya kala para kuli tinta dan rekan wartawan menganggap ia sebagai seorang yang sombong karena tidak mau meladeni sesi tanya jawab. Benar-benar sisi Bepe yang mungkin tidak bisa kita ketahui seandainya kita tak mengenalnya langsung.

Lain lagi jika saya membaca tulisan seorang teman. Arlinka namanya. Saya lebih suka memanggilnya ibu tiri. Mahasiswi S2 Psikologi UI ini benar-benar tau bagaimana membuat tulisan yang bagus. Coba simak bagimana ia menceritakan dengan sangat indahnya pengalaman-pengalaman orang di sekitarnya yang ia sulap menjadi sebuah cerita entah berantah. Pemilihan kalimat, sudut cerita yang unik mungkin jadi sedikit dari banyak kelebihan tulisan Inka. Jujur saya iri banget sama ibu satu ini.

Yah, kalau ada yang bilang belajar adalah satu kegiatan tak berkesudahan, rasanya benar. Saya belajar banyak dari tulisan-tulisan orang. Bukan hanya belajar mengenal orang-orang yang saya baca kisahnya tapi juga belajar mengolah rasa, kata dan asa melalui tulisan mereka. Makasih ya buat kalian semua my untitled teacher :).

No comments: