Monday, January 16, 2012

spell

"luangkan waktu sejenak untuk mendengarkan cerita tentang gunaguna". begitu bunyi pesan pendek yang masuk ke telepon genggam saya. saat itu hari sudah beranjak malam. namun pekerjaan saya belum selesai. dengan sedikit tergesa berlari ke gedung lama kantor tempat si empunya pengirim pesan berada.

"adik gw. dia kenalan sama seorang cewek. di fb. belum lama. tapi kemudian dia bilang dia mau menikah sama cewek ini. dia sudah sampai memberi si cewek ini uang. katanya buat modal usaha cewek ini. keuntungan yang didapat si cewek dari usaha yang dimodalin adik gw ini yang dibilang adik gw jadi mas kawin mereka. keluarganya sudah dateng. 2 kali. tapi bukan buat sesuatu yang serius model perkenalan keluarga."

lalu masalahnya apa? cuman itu yang ada di kepala saya saat mendengar karib saya bercerita.

"gak ngerti nyokap gw ngerasa ada yang salah banget sama nih cewek dan keluarganya. tapi nyokap gw gak bisa membahasakannya. jadinya yang keluar cuman keengganannya adik gw bersanding sama cewek ini yang tampilan fisiknya jauh dari sempurna. gw udah bilang nyokap gak boleh nilai orang dari penampilan fisik. siapa tau dia cacat secara lahir tapi secara batin justru lebih dari sempurna. tapi nyokap cuman nangis dan dia merasa sebetulnya bukan itu yang dikeberatinnya.."

saya memang belum pernah lihat banget seperti apa tampilan si perempuan ini. tapi mendengar ceritanya bagimana perempuan ini datang dan dikenalkan pada keluarga karib saya itu membuat saya terbengongbengong sendiri. begitupun saat karib saya ini bercerita ketika keluarga perempuan itu datang ke rumahnya. aneh. cuman itu kata yang bisa menggambarkan keberadaan mereka di rumah itu.

berkisahlah pula kawan saya ini tentang asal usul perempuan yang jadi pilihan sang adik ini. ia berasal dari kota mpekmpek. dan menurut kawan saya ini mereka yang berada di daerah itu adalah sekelompok orang yang di pulau sumatera terkenal dekat dengan halhal gaib.

"lu punya gak teman atau kenalan yang bisa liatin ni perempuan bener atau engga? nyokap gw curiga adik gw di gunaguna"

itu yang kemudian menjadi inti cerita teman saya ini. dia hanya ingin tahu apakah sang adik sudah kena pengaruh yang tidak benar atau bagaimana.

katakata teman saya ini terus terngiang di telinga saya sampai hari ini. sejujurnya saya merasa bukan orang yang bisa percaya dengan keberadaan hocus pocus modelan santet dan gunaguna juga kawankawan seperjuangannya itu. mungkin karena saya belum pernah bertemu langsung dengan korban maupun dengan sang ahli gunaguna itu sendiri. tapi ya, otak saya juga mengatakan hal seperti itu nyata adanya. oke, saya baru hanya sekedar mendengar bisikbisik tetangga soal beginian. tapi masa iya bisiknya sampai semua orang tau?

buat saya sendiri yang belum pernah ngalamain (dan amitamit jangan sampai ngalamin) cerita semacam ini bertentangan dengan akal sehat dan tentu saja dengan keimanan. tapi nyatanya al quran sendiri bercerita banyak tentang hal samacam ini. kalau al quran punya kisah semacam ini pastilah benar adanya.

karena saya gak banyak tahu soal beginian (kecuali denger dari cerita kakak saya soal kondisi keluarga kami yang katanya juga kena supata orang dari masa lalu), saya gak banyak bisa membantu teman saya itu dengan menunjukkan si a si b nya yang bisa bantu dia. saya hanya ingat teman yang sebelumnya juga berkisah yang sama soal gunaguna. saat itu pertengahan tahun 2010. teman baik saya yang bekerja jadi dubber dan penyiar radio ini tibatiba kehilangan suaranya. kalau hilang sama sekali sih engga hanya suaranya berubah. panik dong. secara penghasilan dia didapat dari hasil ia melacurkan suaranya. kini dengan kondisi suara gak beres tentu membuat ia tak bisa lagi menjadi dubber. bahkan iapun sempat harus dimundurkan sementara dari jajaran penyiar.

kalau menurut ceritanya gunagunanya didapat dari coklat valentine yang diberi seorang spv yang kebetulan jadi enemy of the state. parahnya cuman dia yang makan coklat pemberian itu sementara yang lainnya gak ada yang makan. huaaa kebayang dong semua mata terteuju pada siapa sebagai tertuduh?

meski tidak sepenuhnya percaya pada halhal begini saya tak urung juga berusaha menjaga diri baikbaik. misalnya nih saya gak pernah mau terima makanan dari sembarang orang. saya hanya akan berbagi makanan dengan orang yang saya sudah tau banget siapa dia (gak jamin juga y? kalau emang niat jahatmah bisa aja ya? hiihihi). kalau dapet kiriman makanan (yang sayangnya sudah terlampau sering) saya selalu memberikannya lagi pada yang lain. pernah di suatu masa saya dikirimi kue tart besar. hmmm...langsung saja kue tart ini beralih tangan pada temanteman sekantor. atau pernah juga saya dapet berkilokilo mangga dari seorang pendengar yang gak jelas. mangga itupun beralih tangan ke ob dan ibu kos saya. malah dulu waktu di bandung saya diajakin jalan dan makan di suatu restoran mahal oleh seseorang yang katanya naksir berat, saya malah dengan sukses mengajak mr rius ikut. waktu itu kami belum jalan bareng. dia cuman jadi tameng biar saya gak harus duduk di depan bareng orang itu di mobilnya hihihihi.

soal gunaguna, pelet atau barangbarang sejenis itu memang notabene bukan hanya bangsa indonesia aja yang kenal. bahkan di negara semodern amerikapun mengenal banget soal santet menyantet. meski tentu dengan bentuk yang berbeda. kalau sudah bicara soal hal mistis begini kiranya memang nalar dan akal sehat kita simpan dulu. karena bicara soal hal mistis maka dijamin akal sehat kita perang sendiri dengan fakta yang ada. eh saya baru nemu juga nih ternyata kalau mengoogling ada juga ya portal yang isinya soal pelet ini. namun maap ya saya gak bakalan ngasih linknya xixixixxi. ntar situ belajar lagi buat melet orang.

eh iya bicara soal gunaguna atau pelet saya jadi ingat komentar saya pada seorang kenalan. saking kesalnya saya sama kenalan saya ini yang merelakan dirinya jadi kambing dicocok hidung dan jadi budak pacarnya membuat saya berkomentar pedas ala 2012. "heran deh elu kok sama sekali gak punya harga diri begitu sih? maumaunya diinjakinjak sama perempuan kayak begitu? lu itu udah ngapain aja emang sama perempuan itu? emang lu udah nidurin cewek ini? emang sejago apa dia menservis elo di tempat tidur? lu udah ngehamilin dia? atau lu udah kadung janji sama keluarganya dan keluarga elu sendiri buat ngawinin ni cewek? janganjangan lu digunaguna lagi sama nyai pelet itu!"

komentar pedas ala mulut 2012 saya itu keluar setelah saya melihat kenalan saya ini seperti yang tidak berkutik dihadapan pacarnya. bayangkan saja kenalan saya ini samapai begitu ridhonya memutuskan hubungan yang sudah lama ia jalanin dengan mantannya hanya garagara pacar barunya ini yang cemburuan dan begonya, gak bisa dia ajak ngobrol. cuihhh beda jauh sama mantannya. malahan dia yang suka mampir kanan kiri dan sang pacar bukannya gak tahu cuman bersikap santai aja karena yakin itu cuman bakalan jadi petualangan sesaat si cowok. kenalan saya ini juga berubah 180 derajat kepribadiannya. ia yang biasanya keras dan tak kenal kompromi bertekuk lutut di hadapan sang pacar. saya ingat betul kenalan saya ini sama mantannya dulu selalu keras. giliran sama pacar barunya? ihh cuman bisa kleperkleper ketakutan. telepon genggang sampai fb, ym dan imelnya aja ceweknya yang nguasain. sempet sih mereka putus tapi begitu si cewek mewekmewek (begonya dateng lagi nih. cewekkan senjatanya cuman mewek. kenapa juga musti nurut?) dia langsung ngeiyain buat jadian lagi.

saya makin yakin soal pelet memelet kalau dengar cerita teman saya soal adiknya yang nampak lupa segala hal garagara pacarnya itu. nampaknya benar kenalan saya ini juga sama sudah masuk peletan si cewek. hmmmm.....kalau begitu gimana kalau saya juga belajar buat melet? siapa lagi kalau bukan christian sugiono atau richard gere yang bisa saya pelet? xixixixi asyik kan? mau ah. besok saya mau belajar ke ki joko bodo ahhhhh...

No comments: