Tuesday, January 10, 2012

sophaholic

engga kok saya gak akan lagi ngebahas buku best seller punya sophie keller yang menjual cerita gimana gilanya seorang perempuan kalau untuk urusan belanja. buku yang kemudian dibuat film layar lebarnya sekaligus kemudian juga dibuat film berseri tv nya. beneran engga bakalan ngebahas itu semua. sophaholic yang mau saya bicarakan lebih ke compulsive shopping atau compulsive buying disorder.

urusan belanja belanji memang kadang jadi hal sepele tapi kadang malah jadi lebih dari sekedar sepele. gimana engga kalau kemudian sebuah penelitian di inggris menyatakan 2-10 persen orang dewasa cenderung senang berbelanja. pada perempuan, kecenderungan ini meningkat 9 kali lebih besar daripada lelaki. kalau sudah begini artinya bisa jadi kemudian pasaknya lebih besar dong dari tiangnya?

sebenarnya sih saya ngerasa bukan bagian dari komunitas itu ya. bukan apaapa, gak banyak uang di dompet yang bisa saya habiskan dengan mudahnya. itu satu. lainnya saya juga saya gak ngerti banget soal fashion. hihihi bolehlah dibilang untuk urusan model pakain atau gaya berpakaian saya jauh mundur dibandingkan banyak perempuan. di masa lalu malah saya sering dikomplain sama orang dekat saya garagara dibilang saya gak modis. hmmmm.....waktu itu sih aga sedikit gak enak tapi saya juga gak terlalu peduli. istilahnya saya lebih suka mentingin apa yang ada di dalam ketimbang yang di luaran. gak mau jugakan tampil modis abisabisan tapi kepala sama hati gak ada isinya? sekalian aja jalan bareng sama manekin. modis, keren, cantik tapi gak ada isi dalemnya. mungkin karena saya gak banyak ngerti soal urusan busana dan temannya ini jadilah saya gak terlalu gemar belanja. alias bukan sophaholic. malah kadang saya merasa terintimidasi setiap kali ada agenda buat belanja misalnya kalau mau lebaran. banyak yang gak ngeh aja kalau udah begini saya suka kringet dingin. samapai sekarang ini masih berlanjut. bahkan sekarang saya malahan sering merasa mual kalau berada di pusat perbelanjaan. bawaan orok kali ya? xixixixixi.

saya juga gak banyak tau soal model baju terkini dan merekmereknya yang terkenal itu. yang ada sih saya cuman bisa ngurut dada kalau udah denger ada satu butik yang ngejual baju seharga 500rb samape 1jtan. gak kebayang aja gitu. saking noraknya saya nih saya baru tahu merekmerek tenar model esprit, guess samapai zara ya dari kakak perempuan saya yang emang selera soal pakaian jauh dibanding saya. cuman biasa dong biar gak dibilang gak tau banget jadilah saya rajin melirik majalah dewasa punya beliauwati (sekalian lihat bonus kamasutranya sih hihihi). barulah saya ngerti banyak banget merekmerek tenar dengan jualan baju diatas ratarata penghasilan saya. gilaaaa ada ya gitu jaket yang harganya 750rb!! tepok jidat dulu deh. lalu ada celana jeans dengan harga 800rb. padahal sumpah deh di pasar baru bandung saya pernah lihat replikaannya. persis sama.

kekagetan saya gak berhenti disana. yang bikin tambah sakit jantung adalah ternyata kemudian butikbutik tenar itu ramai dikunjungi para perempuan fashionista. bahkan kemudian sold out semua! keren? engga tau deh musti bilang apa. awalnya saya pikir pasti yang belanja para esmud dengan pendapatan di atas 10jt sebulanya. mereka yang gak harus mikir lagi besok makan apa ya? masih cukup duitnya engga ya samapai gajian ntar? atau mereka yang kalau mau refreshing cukup terbang dan belanja (lagi) di singapura.

postulat saya ternyata kemudian terbantahkan saat kemudian saya mulai masuk kantor ini. mau tau kenapa? dimulai dari kisah bekas bos saya di radio hijau. saya sering memperhatikan tastas belanjaan di mejanya. semuanya berasal dari butikbutik kondang nan mentereng yang adanya di pusat perbelanjaan yang tepat berada di jantung ibukota. apalagi selaian grand indonesia. saya pernah sih sekali mampir ke grand indonesia. itu juga bukan dalam rangka belanja tapi ketemuan sama bekas bos di mara dulu waktu saya mau gabung di radio jerman. dan bisa ditebak dong saya yang ditraktirnya makan disana. lain dari itu entah kenapa saya kok anti banget ya masuk ke pusat belanja ini? entahlah mungkin karen saya sadar diri. saya gak punya banyak uang buat dihabiskan disana atau mungkin karena saya sadar saya gak ngerti soal model baju jadi berasa cupu banget.

oke kembali ke soal bekas bos saya itu. saya lihat banyak baju, celana, dan jaket punyanya yang berasal dari butikbutik itu. kesukaannya nomer satu adalah belanja di zara. wah saya pikir sih awalnya pasti karena gajinya yang besar banget. beda sama saya yang masih kroco dan anak bawang. tapi lagilagi saya salah. terutama setelah saya baca tulisannya di blog pribadinya ataupun di jejaring pertemanan. ternyata ya sama aja sama saya. nasib gaji 10 digit yang artinya sesudah tanggal 10 bingung nyari kemana lagi buat menutupi sisa bulan.

jadi kok bisa punya barangbarang begitu? ternyata jawabannya adalah: nekad!!!

pokoknya seringsering windowshopping. keluar masuk toko sambil lihatlihat barang baru keluaran toko/butik idaman. kalau lihat harganya masih selangit ya sudah habiskan hari dengan misuhmisuh. terus begitu. samapai kemudian nemu celah buat ngebeli barang yang dimau.

cerita gak berakhir hanya samapai bekas bos saya. salah satu teman reporter pun bertingkah yang sama. yang ini lebih gawatnya bermodal uang pinjaman dari temanteman sesama reporter. dan yang gilanya dia gak peduli gak punya uang buat makan yang penting bisa beli barang yang dimaui. suatu hari saya dan beberapa teman reporter makan siang. teman yang kita sebut i ini ceritalah barang apa aja yang dia punyai. ternyata celana jeans merah yang dia punya itu dia beli di zara seharga hampir 1jt rupiah!!! wow. saya dan quina-salahsatu reporter-langsung kaget. quina yang emang rock n roll banget gayanya terus bilang merek apaan sih itu zara? (see ternyata bukan saya aja yang buta dunia mode). sementara saya dengan isengnya cuman bilang "celana semahal itu tetep aja dipakenya di bawahkan? dipantatin."

huahahahaha gaya saya udah kayak dai kondang yang rajin pake sorban di kepalanya itu aja ya? dan teman saya itu cuman bisa menyalak dan bilang ya gitu dong mba. huahahaha what everlah. tapi beneran saya cuman bisa melongo dan berakhir dengan mengelus dada buat yang rela merogoh kocek demi sebutan sebagai fashionista.oke deh kalau begitu sih saya memang bukan golongan ini. karena jelas saya gak tau soal fashion tapi....saya juga gak nista tuh xixixixixi.



In the wintertime. Keep your feet warm. But keep your clothes on and don't forget me
Keep the memories. But keep your powder dry too -- don't forget me, marcy gray from ost confessions of an sophaholic



No comments: