Monday, August 1, 2011

The colourful and Wonderful thing about July 1: Meet The Expert

dulu kali saya gak pernah terlalu suka sama bulan ini. banyaklah kenangan buruk terjadi di bulan ini. Sebut saja saya dan mr jerk buat pertamakalinya dulu putus, lalu di bulan ini juga saya tahu kalau mr jerk (setelah kami jalan lagi selama bertahun-tahun) mulai deh main-main sama ms bitch itu. see? completolah kenapa saya tidak suka banget sama bulan ini.

tapi beneran kata orang tua dulu. jangan terlalu suka ataupun benci sama suatu hal. sekarang saya mulai belajar suka sama bulan ini. saya dapat banyak di bulan ini. dimulai daeri kesempatan belajar sama oarang-orang hebat yang diimpor langsung dari belanda dan jerman, dapet award sampai resmi menyematkan nama saya sebagai mrs rius :D

saya tau saya beruntung banget. tuhan tahu persis apa yang saya butuhkan. bukan apa yang saya inginkan. i'm so lucky eh no wait. i mean i'm so blessed. betul. saya bukan beruntung. karena saya tidak percaya pada konsep keberuntungan. buat saya segala yang terjadi di dunia ini pasti ada alasannya. everything happens for a reason. jadi tepatnya saya benerbener terberkati. big thanks for you god.

berhubung ceritanya panjang jadi saya akan membaginya jadi 3 serial ya. biasalah biar agak sedikit keren isi blog ini hihihi
==========================
bulan ini diawali dengan keharusan untuk ikut pelatihan radio bagaimana memproduksi dan menyiarkan program berita anak. okelah setahun kurang kebelakang ini saya disibukkan dengan membidani dan memproduksi program berita anak di kantor saya, teen voice.
dari yang gak tahu dan gak ngerti apaapa saya belajar buat memproduksi berita buat anak ini. gimana caranya mengemas berita orang dewasa jadi berita anakanak, milih dan bikin jingle sampe menyeleksi penyiar dan reporter yang semuanya abegeh labil!!! but somehow saya nikmatin banget. biar gak ngreti juga hantem aja jek hihihi.
syukurlah kemudian hasil fgd bilang program yang bisa didenger di makassar ini asyik dan pas buat remaja. fiuhhh.
oke itu cerita singkatnya. lalu kantor saya ini memperpanjang kontrak sama funding. nah mereka ini akhirnya bersepakatlah untuk bikin pelatihan. para trainernya langsung didatengin dari belanda dan jerman. jangan bingung. funding program ini memang dari luar negeri sono. jadilah mereka kasih trainernya dari sana. oke ini recap ceritanya


saya kebagian training 3 minggu. minggu pertama diiisi sama joris dan marga dari jeudgejournalnya belanda. ini adalah program berita 10 menitan di belanda sono. tapi jeudgejournal ini buat tv. jadi agak bingung juga sih. tapi banyak kok hal yang bisa didapet dari mereka berdua. eh iya kalau gak inget joris udah punya anak kayaknya oke tuh buat gebetan. hehehehe. manis banget bo kalau tersenyum. cuman satu yang gak oke dari joris. tingginya 198 cm. busyett emak lu ngidam taraje apa ya?


minggu kedua saya ketemu thomas. pria bule asal jerman. apa ya yang mau dibilang soal orang satu ini? typically orang jerman dengan ras arianya kayaknya deh hihihi. bukan mau musuhin mereka ya tapi beneran deh. typically orang jerman itu suka nganggap orang lain dari negara lain itu lebih bodoh dan lebih gak ngerti apaapa dibandingin dia. bolehlah dibilang kalau di pelatihan minggu ke dua ini saya gak sukses buat nambah ilmu hihihi. meskipun doski adalah foundernya radijojo jerman, tapi sumpah nih orang gak tahu banget bagaimana proses berita di radio. usut punya usut dia itu bikin radio internet yang konsepnya juga engga banget buat di aplikasiin ke program teen voice. huh bete deh. eh tapi ambil aja hikmahnya. paling tidak doski bisa bikin saya sukses jadi interpreter meskipun bahasa inggris saya benerbener kacau hehehehe.


minggu ketiga saya ketemu sepasang suami istri dari belanda. hans dan annabel. sebenarnya hans inilah journalist radio yang beneran pengen saya temui. dia beneran tahu bagimana itu bikin dan menjalankan program berita buat anak. sementara annabel sang istri adalah psikolog yang khusus nanganin anak. klop banget ya mereka? banyaklah yang saya dapet. sayangnya saya hanya bisa ikut pelatihan bareng mereka cuman 3 hari. ihh padahal mereka keren banget ngajarnya. tapi sekali lagi saya gak nyesel. mereka jadi teman baik saya. mereka bahkan mau dateng ke bandung buat hadir di acara penting saya dan mr rius. huaaaa big hug buat kalian...

oke, jalan saya ikut training gak selalu mulus. tapi suer saya suka banget. saya benerbener terberkati. saya bisa belajar lagi proses jurnalistik yang bener. saya juga dikasih les cumacuma buat nambah oke bahasa inggris saya yang udah lama banget gak saya pakai. iya sih masih banyak bahasa tarzannya but over all i'm ok!! hihihi

No comments: