Monday, September 19, 2011

nol ke minus

sebagai anak kost saya punya hobi tiap harinya mendengarkan radio. ga tau ya somehow i love the audio more than the visual. jadi ya gitu mood boosternya saya ya mendengarkan radio. jadilah setiap pagi begitu bangun radio duluan yang dituju. malam mau tidur radio juga gak lupa buat nemenin tidur. malah kadang alaram buat saya sholat malam adalah saat radionya mati siarannya alias udah abis jam siarnya.

singkat kata singkat cerita, saya lagi suka dengerin female radio. bukan karena siarannya buat perempuan ya. sama sekali gak ada maksud buat sara. hanya kalau pagi hari saya lebih ngerasa comfort denger female ketimbang radio lainnya. kenapa? radio lain perasaan cuman jual hura hura gak tentu. gak ada isisnya kalau bahasa saya sama mr rius. contohnya nih radionya mnc group, v radio. biar yang siarannya indy barends sama erwin parengkuan ihh amitamit deh. ketawa gak jelas, gak ada isinya, penyiarnya sibuk cerita sendiri. jadilah gak berasa nambah ilmu. saya coba bertahan denger radio ini karena laguya yang oke. tapi kok ya lamalama jadi makain gatel telinga. dari mulai itu tadi penyiarnya yang gak mutu sampe ke lagunya yang jadi lagu ajibajib gitu. huaaa diluar selera. maka dengan penuh kesadaran sayapun beralih ke lain hati. coba deh denger female. oke ternyata. lumayanlah. banyak segmentnya yang oke. dari soal parenting samapai soal financial.

tapi ternyata masalah saya gak berhenti disitu.

hehehe saya dan nafsu sebagai manusia ya emang susah. but oke i tell you my problem.

seperti yang tadi saya bilang siaran paginya female radio salah satu segmentnya adalah masalah financial. jadi pendengarnya female tinggal kirim datadata keuangnnya terus diliat financial check up nya sama aidil akbar . potonganpotongan obrolan ini terus menerus diputer bahkan diluar jam siar your morning coffe (nama acara pagi hari itu-red). nah itu dia. masalah saya muncul disini. gimana?

ceritanya nih ada seorang lakilaki berusia 35 taun. punya 2 anak. istri bekerja dengan gaji 5 juta. gaji suami 8jt. tabungan di bank 50juta. punya usaha. dan sisanya saya gak ingat lagi. tau apa yang dibilang sama financial advisor ini? gak sehat!!! mak jan. dia bilang keuangannya gak sehat. garagara rasio likuiditasnya hanya 0 koma berapa persen gitu deh. katanya kalau mau sehat dia harus punya simpanan di bank yang siap ditarik itu 100 juta!!! omigod. serius lo?

itu baru satu. kali lainnya saya disuguhi lagi cerita yang hampir mirip. intinya sih dengan penghasilan dia sekian juta dengan tanpa tagungan maka dia harus punya tabungan sekian ratus juta di bank yang siap buat di tarik. belum investasinya. harusnya dia menginvest sekian banyak buat deposito dan sekian buat dana reksa and the bla and the bla....matilah saya mendengar nasihat sang financial advisor ini.

kebanyang sama saya kalau saya yang ngirim datadata. pasti mereka yang ngurut dada. huahahaha sumpah pasti deh. jangankan mereka. saya aja sang empunya data keuangan udah begitu.

bayangin deh gaji saya gak lebih dari 2,5juta. ditambah uang makan dan transport yang kalau saya masuk terus dan gak pake telat dapatlah sekitar 1,1 juta. jadi berapa tuh? 3,6 kurang lebih ya. pengeluaran saya? eh jangan nyampe siru dulu. gaji saya itu harus dipotong buat pajak (damnn benci deh yang satu ini). dana pensiun yang kurang lebih sih 12,5% dari gaji. terus ditambah iuran koperasi, jamsostek. belum lagi kalau saya makan di kedai kantor yang mahalnya gak ketulungan itu. bakalan potong gaji deh tuh. untungnya sih sekarang saya udah gak ikut berenang dan fitness lagi jadi gak ada potongan itu di gaji.

itu baru potongan di gaji ya. ayo kita berhitung pengeluaran.kebetulan kakak saya melahirkan di bulan desember kemarin. jadilah saya mengajukan pinjaman 5 juta ke koperasi. jadi ya gitu gaji saya dipotong 500 ribu selama 1 tahun ini buat bayar cicilan koperasi. lalu saya harus bayar kosan. saya juga harus nyiapin buat zakat (kalau inimah gak pake komplain kok tuhan heheheha). saya juga harus nyisihin buat makan sehari-hari dan tentunya ongkos pulang ke bandung. cuman segitu? ntar dulu. iya saya belum punya anak dan tanggungan tapi gak berarti gak besarkan pengeluaran saya?

sejaka desember 2010 kemarin kakak ipar saya memilih buat berhenti kerja. saya gak ngerti alasannya. berhubung dia punya 2 anak balita yang notabene adalah ponakan saya. jadilah saya merasa bertanggung jawab buat makan mereka. jadilah gaji saya yang minimilis itu saya pakai buat menopang hidup mereka. jajan eping. berobat ade el. makan seminggu yang di rumah. bayar kartu kredit saya yang juga saya belikan buat kebutuhan di rumah jadi jadwal pengeluaran saya.

saya gak punya tabungan. baru setelah menikah ini saya punya. itu juga uang angpao kemarin saat kami menikah. lumayanlah. sisanya? uang saya habis tak bersisa.

benerkan? pasti deh gak bakalan pada mau jadi financial advisor saya hihihi. ya su wislah. saya memang bukan orang kaya. setidaknya sih penghasilan saya didapat dengan cara yang bersih. tapi satu yang bikin saya bersyukur banget. mr rius gak pernah sama sekali mau ngutak ngatik gaji saya. buat dia urusan rumah tangga kami maka itu kewajibannya. walaupun sudah beberapakali saya bilang itu tanggungan kita berdua. tapi mr rius selalu menolak.

oke deh saya memang gak punya tabungan sekian puluh juta di tabungan. rasio likuiditas saya pasti minus. rasio investasi juga pasti sama. gak kenapa. rezekimah punyanya alloh....semuanya juga punyanya alloh...

No comments: